STAY WITH US

banner image

Header Ads

test

Ads

Cara Mengatasi Mual Saat Menyikat Gigi Pagi Hari

Banyak sekali orang yang mengalami masalah ini, merasa mual atau ingin muntah saat menyikat gigi di pagi hari. Kejadian yang paling ringan yaitu bersendawa seperti orang masuk angin. Masalah ini disebabkan oleh beberapa hal yang jadi penyebabnya.

Dibawah ini saya coba uraikan mengenai faktor penyebab rasa mual saat kita menggosok gigi pagi hari dan juga cara untuk mengurangi keluhan tersebut, cekidot.

Menyikat gigi pagi hari

Faktor-faktor penyebab masalah munculnya rasa mual saat gosok gigi dipagi hari diantaranya yaitu :

Menderita maag atau kelainan saluran pencernaan. Bagi penderita maag, sangat berpotensi  merasa mual saat menggosok gigi pagi hari. Coba perhatikan, saat meludah busa pasta gigi apakah ludah anda berwarna bening agak kekuningan? Kalau ada tanda seperti itu, berarti anda menderita maag.

Bagi penderita maag yang juga perokok, keluhan ini lebih parah daripada anda yang bukan perokok. Selain penderita  kelainan saluran pencernaan, wanita hamil juga sering merasa mual saat menyikat gigi pagi hari karena merupakan gejala morning sickness. Tapi bagi wanita hamil, itu adalah hal yang wajar.

mengatasi rasa mual saat sikat gigi

Faktor lainnya yang dapat membuat anda merasa mual saat menggosok gigi dipagi hari yaitu anda memiliki tenggorokan yang sensitif.

Hal ini membuat anda mengalami kontraksi dibagian belakang tenggorokan yang berusaha mencegah benda apapun masuk ke tenggorokan, kecuali saat Anda ingin menelan secara normal.

Rasa mual atau ingin muntah saat menyikat gigi diwaktu pagi, bisa juga disebabkan karena anda menggosok gigi terlalu keras, hal ini membuat bagian dalam tenggorokan anda tertekan.

Hal ini dapat mempengaruhi psikologis. Bila Anda pernah  mengalami muntah atau mual saat menyikat gigi, hal ini menyebabkan sugesti negatif setiap akan menyikat gigi dipagi hari.

Anda menjadi khawatir akan merasa mual lagi. Memelihara sugesti seperti ini, semakin mudah membuat kekhawatiran menjadi kenyataan.


Berikut ini saya coba uraikan tips bagaimana caranya mengatasi mual saat menggosok gigi pagi hari


1. Berfikir positif

Untuk yang pernah mengalami mual atau muntah lalu khawatir terulang lagi, jangan biarkan pikiran ini berkembang dalam benak Anda. Hari ini harus berbeda dari hari kemarin, arahkan fikiran ke hal positif yang lebih menyenangkan, hal-hal yang anda sukai.

Ini lebih baik daripada anda terus membayangkan rasa mual. Hal ini harus dibiasakan, karena sugesti fikiran anda sangat berpengaruh dalam hal ini.

2. Ganti Sikat Gigi dan Pasta Gigi

Ganti sikat gigi anda dengan sikat gigi berbulu lembut, bisa juga anda mengganti pasta gigi dengan rasa yang ringan, jangan terlalu pedas. Anda bisa memilih pasta gigi yang rasanya anda sukai.

Selain itu jangan memasukkan sikat gigi terlalu dalam, dan menyikat dengan keras, hal ini bisa membuat tangan anda menyodok terlalu keras tanpa sengaja.

3. Rileks atau santai


Jangan membuka mulut terlalu lebar. Anda juga harus melemaskan otot disekitar mulut dan tenggorokan Anda. Gosoklah gigi Anda dengan perlahan tanpa membuka mulut terlalu lebar.

Buang dulu busa dimulut apabila terasa asam lambung naik ke tenggorokan. Anda juga bisa mencoba bernafas melalui mulut saat menggosok gigi.

Jangan menahan nafas saat terasa ingin muntah, tarik nafas dalam-dalam. Hal ini dapat mengurangi rasa mual.

4. Berkumur dengan Penyegar Mulut

Untuk pemilik tenggorokan sensitif, karena seringkali mual dan acara menyikat gigi terpaksa berhenti sebelum selesai. Untuk menjaga mulut tetap bersih, berkumurlah dengan cairan penyegar mulut, hal ini bisa membantu mulut anda tetap bersih.

Bila perlu, gunakan juga alat pembersih lidah, dengan cara menyapukannya dari bagian dalam ke arah luar.

Nah itulah cara mengatasi rasa mual saat menyikat gigi dipagi hari. Mudah-mudahan tulisan ini dapat membantu sobat yang punya keluhan seperti ini. Sehingga dapat terbebas dari masalah yang cukup mengganggu ritual pagi anda. Semoga bermanfaat.
Cara Mengatasi Mual Saat Menyikat Gigi Pagi Hari Cara Mengatasi Mual Saat Menyikat Gigi Pagi Hari Reviewed by Devanews on 7:15 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.